Project kali ini adalah masjid Al-Fattah Tasikmalaya propinsi jawa barat. Masjid ini cukup besar, ukuran karpet sekitar 1000 mtr lebih. Masjid megah ini dibangun pada tahun 2017, masjid yang juga terdapat pesantren tahfiz pengahafal alquran ini, sejak terpasang karpet telah ramai dikunjungi para pengunjung dari daerah sekitar juga dari luar daerah. Kali ini kami akan mengulas proses pembuatan karpet masjid dari tahap pembuatan hingga sampai pada tahap pemasangan.

Berikut adalah desaign awal yang kan dibuat hingga pada peribahan warna karpet masjid:

 

Desain  Karpet Masjid Al–Fattah Tasikmalaya Jawa Barat

Desain  Karpet Masjid Al–Fattah Tasikmalaya Jawa Barat

Desain karpet masjid yang apik ini dibuat oleh desaigner dari konsultan pembangunan masjid. Desaign karpet masjid ini mengakomodir dari logo masjid dan nama masjid yaitu masjid Al-fattah. Karpet ini dibuat dengan spek yaitu Ht550 dengan jalan mesin 222 dengan menggunakan bahan benang acrylic 2/8 soft. Benang dengan nama acrylic ini yang diimpor dari jepang yang mempunyai sertifikat dan hasil uji kesehatan, sehingga benang ini memiliki standar sangat baik. Berikut adalah proses pembuatan karpet masjid:

Proses Pengerjaan Karpet Masjid Al–Fattah Tasikmalaya Jawa Barat

proses diatas disebut loom yaitu memasukkan benang acrylic kedalam kanvas cotton yang telah didesaign dengan desaign yang telah ditentukan. Loom ini dilakukan dengan mesin handtufting yaitu sebuah alat yang menyerupai alat bor. Tenaga kerja loom kami ada sebanyak 30 orang dan finishing 3 orang dan tenaga pasang karpet sebanyak 5 orang. Saat ini kami telah banyak mengerjakan karpet masjid jenis handtufted yang kami buat. Berikut adalah contoh proses finishing karpet:

Finishing Karpet Masjid Al–Fattah Tasikmalaya Jawa Barat

 

Karpet masjid Al Falah ini juga unik, dimana karpet memakai medallion tengah, yaitu medallion dengan logo masjid bertuliskan masjid Al fallah. Unik bukan, karna karpet masjid jenis handtufted ini diproduksi berdasarkan pesanan, sehingga dipasaran tidak tersedia. Dari segi kekuatan, karpet ini mampu bertahan lebih dari 15 tahun, karena benang acrylic sangatlah tahan akan cuaca terlebih air. Tidaklah heran jika karpet masjid jenis handtufted ini tidak akan berbau dan lengket ketika terkena air, dibanding dengan karpet buatan misal turki atau disebut karpet ready stock, rata rata karpet ready stock ini berbahan benang pp atau polypropilene. Bahan pp ini adalah berasal dari biji plastic, biasa digunakan untuk bahan pembuatan peralatan dari plastic, botol air minum dsb. Oleh karena itu jenis benang acrylic kami rekomendasikan menjadi pilihan tepat untuk karpet masjid. Berikut dibawah kami sajikan hasil pemasangan karpet masjid

Karpet Masjid Al–Fattah Tasikmalaya Jawa Barat

Karpet Masjid Al–Fattah Tasikmalaya Jawa Barat

Karpet Masjid Al–Fattah Tasikmalaya Jawa Barat 

 

0/5 (0 Reviews)

Pin It on Pinterest

Share This